Ditjen SDPPI (Direktorat Jendral Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika)

Ditjen SDPPI

(Direktorat Jendral Sumber Daya  dan Perangkat Pos dan Informatika)

  • Ditjen SDPPI

Ditjen SDPPI merupakan salah satu dari struktur baru pengembangan  dalam kementrian Komunikasi dan Informatika. Tugas pokok dari Ditjen SPPI yaitu merumuskan, melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang sumber daya dan perangkat pos dan informatika.

Ditjen SDPPI mempunyai 4 strukrur baru diantaranya :

  1. Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika, Ditjen ini hanya fokus pada pengelolaan,pengaturan dan pengendalian pada sumberdaya perangkat pos dan informatika yang ada pada masyarakat luas.
  2. Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Ditjen ini hanya fokus pada  penyelenggaraan pos dan informatika saja.
  3. Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, ditjen ini fokus pada semua aplikasi yang ada pada informatika.
  4. Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik , ditjen ini fokus pada informasi dan komunikasi pada masyarakat pubik.
  • Pengelolaan Spektrum Frekuensi

Spectrum Frekuensi berasal dari kata spectrum yg artinya suatu keadaan atau harga yang tidak terbatas hanya pada suatu set harga saja tetapi dapat berubah secara tak terbatas. Sedangkan Frekuensi adalah suatu kadaan yang berubah-ubah. Namun kemudian istilah ini berkembang menjadi suatu keadaan yang luas dimana keadaan tersebut dibagi dan dipelajari bersama dalam satu bahasan untuk memudahkan diskusi dari bahasan tersebut. Dalam spectrum frekuensi ini terdapat bebeapa fasilitas layanan yang terdiri dari loket pelayanan, penataan frekuensi, e-licensing,pusat monitoring Nsional,analisa dan evaluasi dan analisa teknis.

  • Dukungan Ditjen SDPPI Terhadap Industri Dalam Negeri

Dalam hal ini dukungan Ditjen SDPPI terhadap industry dalam negri sangat besar adanya, terbukti dengan adanya tindakan kementrian kominfo yang telah memberikan bantuan pembangunan media center di 15 lokasi di beberapa daerah di Indonesia, kemudian adanya bantuan beasiswa S2 sebanyak 211 orang dengan rincian S@ didalam negri di bidang chief officer dan ilmu komunikasi di UGM,UI,ITB,ITS dan UNP kepada 159 orang, dan untuk yang keluar negeri di bidang TIK program S2 sebanyak 52 orang di Belanda, Jerman, Hongkong, Korea Selatan dan Australia dan masih banyak lagi bantuan yang diberikan untuk mendukung berkembangnya industry dalam negri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: