Undang-undang ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik)

Pasal 46

Pasal 46 dari undang-undang ITE ini membahas tentang hukuman bagi orang-orang yang melanggar kebijakan tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Didalamnya terdapat jenis hukuman yang terdiri dari 3 ayat.Masing-masing ayat berbeda ketentuan dan hukumnanya.

Seperti misalanya ayat satu dijelaskan mengenai orang-orang yang melawan hukum dan mengakses informasi Komputer dari orang lain baik itu disengaja ataupun tidak. Jika pelanggaran ini dilakukan maka orang tersebut akan dikenai hukuman 6 tahun penjara atau dikenai denda uang paling sedikit Rp.6.000.000 (enaam juta rupiah).

Pada ayat 2 sebenarnya sama dengan pasal 1, hanya bedanya pada ayat ini selain mengakses, orang tersebut juga bertujuan memperoleh informasi elektronik ataupun dokumen elektronik. Jika hal ini dailakukan maka orang tersebut akan dikenai hukuman penjara selama 7 tahun atau denda uang paling sedikit RP.7.000.000 (tujuh juta rupiah).

Kemudian yangterakhir adalah ayat 3, ayat 3 membahas tentang orang yang tanpa hak sudah mengakses komputer atau sistem elektronik milik orang lain  dengan cara apapun atau dengan menjebol sistem pengamanan, maka ia akan di jebloskan ke dalam penjara selam 8 tahun atau setara dengan denda uang minimal Rp. 8.000.000 (delapan juta rupiah).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: