Manfaat Tidur Malam

Pernah denger ga orang yang mengatakan kalo kita sering tidur malam, apalagi bergadang maka umur kita akan menjadi pendek…??? Bener g sih cerita tersebut?? Menurut yang saya baca di gogle, mengurangi jatah tidur malam itu memang berpengaruh pada diri kita.

Bahkan menurut salah satu studi yang digagas oleh sebuah Universitas Warwick dan Federiko II  University Medical School menunjukan bahwa orang yang tidur kurang dari enam jam berisiko meninggal lebih awal. Peneliti mencatat, orang yang tidur kurang dari enam jam tiap malam, 12 persennya berisiko meninggal sebelum memasuki usia 65 tahun. Sebaliknya mereka yang tidur  memenuhi kuota mengalami kecenderungan panjang umur.

Namun, peneliti juga mencatat bahwa tidur terlalu banyak dikaitkan dengan kematian dini. Mereka yang tidur selama lebih dari sembilan jam setiap malam 30 persennya beresiko meninggal lebih awal.

Akan tetapi peneliti juga menemukan hasil riset yang dipublikasikan dalam jurnal yang sama, minggu lalu, menunjukan bahwa individu yang tidur selama sepuluh jam atau lebih, mampu mencapai umur satu abad.

Perdebatan lama atau tidaknya kuantitas jam tidur tidak berhenti sampai disitu. Hasil riset lain menunjukan alokasi waktu tidur yang panjang merupakan tanda penyakit yang memicu depresi, minimnya aktivitas fisik dan beberapa jenis kanker.

Profesor Francesco Cappuccio, peneliti dari University of Warwick dan Konsultan kesehatan di Rumah Sakit Universitas Coventry dan Warwickshire NHS Trust, mengatakan meski jam tidur yang pendek cenderung identik dengan gangguan kesehatan, jam tidur panjang juga  diyakini sebagai indikator gangguan kesehatan.

“Masyarakat modern lebih cenderung mengalami pola pengurangan jam tidur. Pola ini umum terjadi pada kalangan pekerja paruh waktu dan hal itu menunjukan adanya tekanan yang lebih lama. Di sisi lain, penurunan taraf kesehatan juga disebabkan panjangnya jam tidur,” tukasnya seperti dikutip dari Telegraph.

Ia menuturkan menjalani pola tidur enam sampai delapan jam per malam secara konsisten dianjurkan bagi kesehatan. Durasi tidur bisa menjadi penanda perilaku yang sangat dipengaruhi lingkungan.

Sumber :  http://ranahsehat.com

2 Comments »

  1. Ayuk Mahyuni Said:

    baca dulu artikel ini sebelum bobo, biar bobonya nyenyak..Met bobo.

  2. Baju Bali Said:

    trims infonya sob..


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: