asal usuk kata ‘gaul’

Tulisan ini awalnya karena saya dapet tugas dari dosen softskill di kampus, yaitu mencari asal usul salah satu dari kata gaul,kemudian saya berpikir untuk mencari asal usul dari kata “Lo” dan “Gw” karena 2 kata itu sudah menjadi bahasa harian tapi gak tau asal katanya darimana.

Nah setelah beberapa menit mencari lewat mbah google,ternyata dua kata tersebut tidak muncul-muncul juga….:( tapi kemudian kekecewaan saya terobati setelah membaca tulisan di kaskus tentang asal usul kata bokap,nyokap,boker,dan bokin. Tadinya memang saya kurang paham dari penjelasan-penjelasan yang pertama,namun kemudian ada beberapa komentar yang tulisannya dapat dipahami.

Sebenarnya kalau ditelusuri lebih jauh, kata-kata gaul itu tidak jelas asalnya dari mana…itu hanya penambahan kata dari orang-orang saja, khususnya bagi anak muda yang beranggapan bahwa bahasa gaul itu dipakai untuk bergaul dengan teman dan dapat lebih banyak teman.Kata bokap,nyokap,boker,bokin itu ternyata sudah ada sekitar tahun 70an, Kata-kata itu berubah karena adanya penambaha kata “oke” saja,misal :

  • Kata bokap : bapak=> b+ok+ap
  • Kata nyokap : nyap2=>ny+ok+ap (kata nyap-nyap berasal dari kebiasaan seorang ibu yang biasanya suka cerewet,makanya jadi nyap-nyap).
  • Kata boker : berak=>b+ok+er
  • Kata bokin : bini=>b+ok+in

Sebenarnya kalau ditelusuri lebih jauh,masih banyak banget kata-kata gaul yang biasa dipakai  sehari-hari oleh kita,namun kita sendiri terkadang tidak tau dari mana asal muasalnya… :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: