Paragraf

PARAGRAF

Paragraf adalah bagian karangan yang terdiri atas beberapa kalimat yang berkaitan secara utuh dan padu serta membentuk satu kesatuan pikiran. Ada 3 syarat agar paragraph menjadi padu yaitu kepaduan,kesatuan dan kelengkapan.

Persyaratan paragraph yang baik :

1. Kepaduan Paragraf

Untuk mencapai kepaduan,langkah-langkah yang harus anda tmpuh adalah kemampuan merangkai kalimat sehingga bertalian secar logis dan padu,agar kalimat bertahan secara logis dan padu maka gunakanlah kata penghubung. Ada 2 jenis kata penghubung, yaitu kata penghubung intrakalimat dan kata penghubung antarkalimat. Kata penghubung intrakalimat adalah kata yang menhubungkan anak kalimat dengan induk kalimat, sedangkan kata penghubung antarkalimat adalah kata penghubung yang menghubungkan kalimat yang satu dengan yang lainnya. Contoh penghubung intrakalimat yaitu karena,sehingga,tetapi,sedangkan,apabila,jika,maka,dan lain-lain.Sedangkan contoh untuk kata penghubung antarkalimat yaitu oleh karena itu, jadi, kemudian, namun, selanjutnya, bahkan, dan lain-lain.

2. Kesatuan Paragraf

Selain kepaduan, persyaratan penulisan paragraph yang baik adalah prinsip  kesatuan. Yang dimaksud dengan kesatuan adalah tiap paragraf hanya mengandung satu pokok pikiran yang diwujudkan dalam kalimat utama. Kalimat utama yang diletakkan di awal paragraf dinamakan paragraf deduktif, sedangkan kalimat utama yang diletakkan di akhir paragraf disebut paragraf induktif.

Terdapat ciri-ciri dalam membuat kalimat utama  yakni kalimat yang dibuat harus mengandung permasalahan yang berpotensi untuk diperinci atau di uraikan lebih lanjut.Ciri-ciri yang lain yaitu kalimat utama dapat dibuat lengkap dan berdiri sendiri tanpa memerlukan kata penghubung, baik kata penghubung intrakaliamat maupun antarkalimat.

3. Kelengkapan Paragraf

Sebuah paragraf dikatakan lengkap apabila didalamnya terdapat kalimat-kalimat penjelas secara lengkap untuk menunjuk pokok pikiran atau kalimat utama. Ciri-ciri kalimat penjelas yaitu berisi penjelasan berupa rincian, keterangan, contoh, dan lain-lain. Selain itu, kalimat penjelas berarti apabila dihubungkan dengan kalimat-kalimat di dalam paragraf. Kemudian kaliamat penjelas memerlukan bantuan kata penghubung baik kata penghubung intrakalimat maupun antarkalimat. Kelaengkapan paragraf berhubungan dengan cara mengembangkan paragraf. Paragraf dapat dikembangkan dengan cara pertentangan, parbandingan, analogi, contoh, sebab akibat, definisi, dan klasifikasi.

Contoh paragraf yang padu:

David Bekham adalah seorang pemain sepak bola yang sukses. Buktinya, suami Victoria Beckham ini selalu bergelimpang kekayaan dan kepopuleran. Walupun masih terikat kontrak dengan Real Madrid sampai Juni 2007, mantan kapten inggris ini sudah mengumumkan secara resmi kepindahannya ke LA Galaxy di liga Amerika Serikat. Bahkan, pemain yang memiliki tendangan jarak jauh yang mematikan lawan ini sudah meneken kontrak transfer 250 juta dolar AS. Selain menerima gaji 250 juta euro per tahun hingga juni 2007 dari Real Madrid,ia juga akan menerima 250 dolar AS dari LA Galaxy. Akibat pemberitaan ini, lelaki yang pernah berselisih dengan pelatihnya di Manchester United ini banyak mendapatkan kritikan dan laporan tidak sedap tentang dirinya di berbagai media masa, tetapi ayah dari Brooklyn, Romeo, dan Cruz ini tetap menjadi pemain sepak bola yang terpopuler dan menjadi buah bibir di jagat persepakbolaan dunia.

1 Comment »

  1. maaf mbak… warna fontnya gak mendukung… ndak bisa di baca… :) maaf mengganggu….

    makasih wat infonya… :)


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: