BAHASA WAWANCARA KERJA

Wawancara kerja merupakan bagian kegiatan penting dalam proses mencari pekerjaan. Persiapan yang baik, mulai dari cara berpakaian, cara duduk, nada suara, cara memasuki ruangan, cara menjawab pertanyaan, dan lain-lain harus diperhatikan. Jangan sampai wawancara yang merupakan kesempatan emas hilang begitu saja karena Anda tidak mempersiapkan dengan baik.

Persiapan Wawancara

Berikut ini merupakan berbagai hal yang perlu Anda perhatikan pada saat akan melakukan wawancara.

a. Bagian Pembuka

Datanglah tepat waktu, berpakaianlah yang rapi dan sopan, bersikap yakin dan tenang, ketuk pintu sebelum memasuki ruang wawancara, ingat nama pewawancara dan tersenyumlah. Jangan duduk sebelum dipersilahkan, jangan membungkuk atau menundukan kepala, jangan melipat tangan, jangan mengulum permen, jangan membuka pembicaraan, dan jangan tersenyum terus menerus.

b. Bagian Isi

Ketika pewawancara mulai memberikan beberapa pertanyaan, jawablah dengan baik. Perhatikan intonasi, volume, dan artikulasi suara. Bicaralah dengan jelas, atur nada suara, dan tunjukan kemampuan diri Anda dengan percaya diri. Dukunglah jawaban-jawaban anda dengan bahasa tubuh.

Jangan memotong kalimat pewawancara, jangan emosional, jangan memberikan informasi yang tidak relevan, jangan mengkritik, jangan membuka rahasia perusahaan, dan jangan membual.

c. Bagian Penutup

Ucapkan terima kasih kepada pewawancara atas waktu yang telah disediakan pewawancara untuk Anda. Akhiri dengan pernyataan berupa harapan untuk memperoleh keputusan sesegera mungkin

Sumber :

Niknik M. Kuntarto, penerbit Mitra Wacana Media

1 Comment »

  1. riski Said:

    Siap komandan……!


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: