Daftar Pustaka,Kutipan dan Catatan Kaki

Daftar Pustaka,Kutipan dan Catatan Kaki

Daftar Pustaka, Kutipan dan Catatan Kaki merupaka sumber referensi / acuan yang biasa digunakan dalam sebuah Penulisan ataupun Karangan Ilmiah. Sebelum menjelaskan tentang tujuan dari ketiga hal tersebut, lebih baik kita lihat sekilas tentang pengertiannya masing-masing.

  • Pengertian

1. Daftar Pustaka

Daftar pustaka adalah kumpulan atau daftar buku,artikel dan sumber-sumber penelitian lain yang mempunyai hubungan atau keterkaitan dengan karangan / penulisan  yang sedang di buat.

2. Kutipan

Kutipan adalah pinjaman kalimat atau ucapan dari seseorang  yang terkenal / terpandang, baik itu yang terdapat dalam buku maupun dari sumbernya langsung.

 

 

3. Catatan Kaki

Catatan Kaki adalah keterangan yang dicantumkan pada margin bawah pada sebuah halaman buku.

  • Tujuan

1.Daftar Pustaka , tujuan dari daftar pustaka yaitu untuk     memberikan informasi dan deskripsi yang penting tentang buku,majalah,artikel dan sumber-sumber penelitian lain, serta sebagi pelengkap agar para pembaca dapat tau sumber aslinya.

2. Kutipan, tujuannya yaitu :

  • Untuk menegaskan isi dari uraian
  • Untuk membuktikan apa yang dikatakan, dan
  • Untuk menunjang apa yang diungkapkan

3. Catatan Kaki, tujuannya yaitu :

  • Memenuhi kode etik yang berlaku, untuk menghargai karya orang lain.
  • Menyusun pembuktian, pada dasarnya semua penulisan dan pernyataan penting yang sifatnya bukan pengetahuan umum, maka harus disertai dengan pembuktian-pembuktian dan kebenaran.
  • Sebagai keterangan tambahan dari uraian

Namun pada dasarnya ketiga sumber tersebut mempunyai tujuan yang sama yaitu untuk menunjukan keterkaitan atau hubungan dari tulisan dengan sumber acuan yang pernah dilihat dan dibaca oleh penulis.

  • Perbedaan

Dari ketiga sumber data tersebut dapat dibedakan masing-masing  mana yang termasuk dari data Primer dan Sekunder. Kutipan merupakan data primer karena data diambil secara langsung dari sumber data tanpa diolah dan dianalisis  terlebih dahulu oleh orang lain, Catatan Kaki merupakan data sekunder, karena merupakan data sudah jadi dan sudah diolah oleh orang lain. Sedangkan Daftar Pustaka bisa berupa kedua-duanya, karena tergantung dari bagaimana penulis mengambil materi dari buku / sumber itu, apakah berupa kutipan atau hanya menguraikan inti dari buku tersebut. Selain itu perbedaan juga terletak pada tata letak dan cara penulisannya.

  • Daftar Pustaka disusun berdasarkan abjad dan ditulis dengan urutan : nama pengarang,tahun tebit,judul buku,kota terbit dan nama penerbitnya,dan yang terakhir jika digunakan dua atau lebih sumber yang sama pengarangnya maka sumber dirilis dari buku yang pertama kali terbit.
  • Kutipan , jika kutipan lebih di fokuskan kepada pengarangnya (karena kutipan merupakan kalimat yang dikutip langsung dari pengarang/orang yang terkenal,baik itu dari buku,majalah,atau sumber lain), seperti misalnya :
  1. Penulisan nama pengarang menggunakan nama akhir dan disertai tahun.
  2. Jika pengarangnya dua orang, maka nama akhir dari kedua pengaarng tersebut harus ditulis.
  3. Jika pengarangnya lebih dari dua orang, maka tulislah nama akhir dari pengarang pertama dan diikuti (dkk).
  4. Jika nama pengarangnya tidak ada, maka yang dituliskan adalah nama dari lembaga yang menerbitkan,nama dokumen yang diterbitkan atau nama korannya.
  5. Untuk karya terjemahan, maka yang ditulis adalah nama pengarang aslinya.
  6. Jika mengutip dari dua atau lebih sumber dari pengarang yang berbeda, maka harus dicantumkan dalam satu tanda kurung dengan titik koma sebagai pemisahnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: