Arti Sahabat

Ini bukanlah film “ Arti Sahabat” yang sering tayang di salah satu stasiun televisi swasta. Kalau menurut saya, sahabat adalah seseorang yang berharga dan berpengaruh dalam kehidupan kita. Bagaimana tidak, sahabat yang memang benar-benar “sahabat” akan selalu ada baik suka maupun duka,ia akan dengan senang hati dan ikhlas meminjamkan “bahu”nya untuk kita tanpa mengharapkan imbalan apapun. Bahkan ia sudah menganggap kita seperti saudaranya.

Berdasarkan pengalaman saya, memang ada orang yang seperti itu. Saya  punya sahabat yang karakternya seperti yang sudah saya katakan di atas, saking dekatnya kita sudah seperti saudara. Bahkan kita seperti memiliki ikatan batin yang kuat, pernah pada saat saya sakit ia merasakan kekhawatiran yang sangat terhadap saya dan ingin selalu bertemu dengan saya, setelah ia kerumah saya ia baru sadar kalau kekhawatirannya memang beralasan.

Sahabat berbeda dengan teman, namun tak jarang teman yang “berkedok” sahabat , didepan ia seperti sahabat namun dibelakang ia bersikap seperti harimau yang hendak menerkam mangsanya ” . Dan tak jarang ada teman yang dengan terang-terangan mengajak untuk berbuat yang tidak baik (seperti mengajak untuk memakai narkoba,berbuat asusila,dan sesuatu yang menjerumuskan), teman yang seperti ini harus di waspadai bahkan kalau bisa harus dijauhi. Tidak rugi untung “ membuang ” satu teman yang merugikan diri kita, apalagi sampai merusak masa depan kita.

Dengan melihat zaman yang semakin bebas ini, terutama bagi pergaulan anak mudanya,harus lebih pintar dan jeli memilih teman. Selain pendirian yang kuat,pengetahuan agama juga tak kalah pentingnya untuk menjadi pelindung bagi diri kita sendiri, setidaknya dengan 2 hal itu kita masih bisa membentengi diri dari hal-hal yang tak diinginkan. Namun semua itu kembali kepada diri kita masing-masing, dan ”apakah sahabat itu???” bagi tiap-tiap orang?? semua itu hanya Allah dan orang itu sendiri yang tahu, karena pada dasarnya orang akan memperlakukan kita layaknya kita memperlakukan mereka.

 

Leave a Reply

