Pasar Tradisional vs Pasar Moderen

Tidak bisa dipungkiri kalau keberadaan pasar modern sekarang ini memang sudah menjadi tuntutan dan konsekuensi dari perkembangan zaman modern yang semakin maju pada saat ini. Tidak hanya di kota besar pasar modern juga sudah merambah di kota-kota kecil di negeri ini,bahkan sangat mudah menjumpai minimarket,supermarket bahkan hypermarket di tempat kita. Tempatnya yang aman dan nyaman mampu memanjakan setiap pengunjung yang berada didalamnya, kelebihan seperti inilah yang membuat banyak orang lebih memilih pasar modern dibanding pasar tradisional. Dengan adanya pasar modern, secara otomatis menyebabkan masyarakat golongan menengah ke bawah menjadi rugi karena banyak orang yeng beralih ke pasar modern.
Sekarang ini pasar tradisional memang sudah jarang kita temui, hanya beberapa tempat saja yang masih tetap mempertahankannya,itupun tempatnya berjauhan. Adanya pasar,terutama pasar tradisional merupakan gambaran nyata dari kegiatan masyarakat di suatu wilayah atau daerah yang terlibat didalamnya. Pasar tradisional juga sangat membantu bagi golongan masyarakat tingkat menengah ke bawah, selain itu pemerintah juga harus konsekuen dan ikut membantu terbentuknya pasar yang nyaman,aman,bersih dan berkualitas sehingga pasar tradisional tetap bertahan dan mampu bersaing dengan pasar modern.
Perkembangan zaman dan perubahan gaya hidup yang terus meningkat menjadikan pasar modern menjadi pilihan bagi kebanyakan masyarakat, selain itu berbagai promosi yang dilakukan melalui media elektronik semakin gencar dilakukan oleh perusahaan-perusahaan dan membuat eksistensi pasar tradisional sedikit terusik. Akan tetapi dengan keadaan yang seperti itu pasar tradisional masih mampu bertahan di tengah maraknya pasar moderen dalam berbagi bentuknya. Namun ada beberapa hal dalam pasar tradisional yang tidak kita temui di pasar modern, hal ini karena dipengaruahi oleh beberapa factor yaitu :
1. Adanya Karakter / Budaya Konsumen. Misalnya adanya kegiatan tawar menawar yang dilakukan oleh pembeli dan penjual,tidak seperti pasar modern yang sudah menetapkan harga dengan bandrol dan itu tidak bisa ditawar lagi. Pada saat proses tawar menawar ini, akan terjalin kedekatan personal dan emosional antara pembeli dan penjual.
2. Revitalisasi Pasar Tradisional. Pemerintah menyadari bahwa keberadaan pasar tradisional masih sangt dibutuhkan oleh masyarakat luas, sehingga pemerintah harus serius untuk tetap mempertahankan eksistensi dari pasar tradisional. Hal ini telah dibuktikan oleh pemerintah dengan merenofasi dan berusaha mengubah image masyarakat tentang pasar yang kumuh,becek dan bau menjadi tempat yang bersih,nyaman dan aman layaknya di supermarket. Namun sayangnya pasar seperti itu hanya terdapat di kota-kota besar saja.
3. Regulasi. Pemerintah memang mempunyai hak untuk mengatur pasar baik itu pasar tradisional maupun pasar modern, namun aturan aturan tersebut tidak boleh bersifat diskriminatif dan tidak membuat usaha-usaha yang telah ada menjadi terhambat. Karena pada dasarnya setiap orang baik itu dari golongan menengah,kebawah maupun golongan atas mempunyai hak yang sama untuk memajukan usahanya masing-masing.

Persaingan pasar tradisional dan pasar modern bukan saja persaingan antara pasar besar melawan pasar kecil saja, akan tetapi persaingan ini merata antara yang besar melawan yang besar serta yang kecil melawan yang kecil. Pemerintah harus mampu menampung semua aspirasi yang berasal dari semua golongan pasar, tidak berlaku diskriminasi dan berlaku adil terhadap kedua belah pihak sehingga tidak merugikan pihak manapun. Akan tetapi yang lebih penting adalah pemerintah harus mampu melindungi dan memberdayakan pasar tradisional yang merupakan lahan kerja bagi masyarakat bawah. Di lain pihak, pasar besar pun mempunyai sumbangan besar dalam ekonomi. Selain menyerap tenaga kerja, banyak pasar besar yang justru memberdayakan dan meningkatkan kualitas ribuan pemasok yang umumnya juga pengusaha kecil dan menengah. Belum lagi konsumen yang kian senang menjadi raja yang dimanja. Bagi pemerintah, mencari keseimbangan antara yang besar dan yang kecil ini memang tidak mudah,oleh karena itu pemerintah harus lebih jeli dalam menangani hal seperti ini.

1 Comment »

  1. alexo Said:

    hidup pasar tradisional !!!!!!!!!!


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: