Ada Apa Setelah Mati

Ada  Apa Setelah Mati”, buku karya Muhammad Husain Thabathaba’i ini  memaparkan tentang pemahaman kita akan rahasia kehidupan (kehidupan setelah mati) menurut Al-Qur’an dan Hadist Nabi Muhammad  SAW. Mati adalah sesuatu yang “pasti” dan akan di alami oleh semua makhluk hidup di dunia ini,adanya perbedaan dalam menghadapi kematian manjadiakan sebagian manusia menganggap bahwa mati hanyalah tahap akhir dari kehidupan namun tak sedikit pula orang yang meyakini adanya kehidupan setelah mati, sehingga mereka justru merindukan kematian itu.

Dalam Al-Qur’an banyak ayat yang menjelaskan tentang kematian, seperti ayat-ayat  dibawah ini :

Kami tidak menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya melainkan dengan (tujuan) yang benar dan dalam ajal (masa) yang telah ditentukan.Dan orang-orang kafir berpaling dari apa yang diperingatkan kepada mereka. (Qs. Al-Ahqaf : 3)

Tiap-tiap umat mempunyai ajal, maka apabila telah datang ajalnya mereka tidak dapat mengundurkannya barang sesaatpun dan tidak dapat (pula) memajukannya. (Qs.al-A’raf : 34)

Tidak ada suatu umat pun yang dapat mendahului ajalnya,dan tidak (pula) dapat mengundurkan(nya). (Qs. Al-hijr :5)

Dan masih banyak lagi ayat-ayat Al-Qur’an yang menjelaskan kematian,dari ketiga ayat di atasa dapt disimpulkan bahwa kematian adalah sesuatu yang mutlak yang telah di tentukan oleh Allah SWT dan tidak ada seorang manusiapun yang dapat mengelak jika memang sudah tiba waktunya.

Namun apakah setelah mati itu semuanya telah berakhir????? Tidak,setelah itu akan ada lagi kehidupan yang telah menunggunya seperti kehidupan alam kubur,peniupan sangkakala,kiamat,hari perhitungan amal,buku catatan amal,syafa’at,shirath,ashhab al-a’raf,serta surga dan neraka. Semua kehidupan ini tidaklah seperti kehidupan manusia pada saat didunia, semuanya merupakan kehidupan sebelum kita menghadap Allah SWT untuk mempertanggungjawabkan semua perbuatan kita selam hidup didunia. Orang yang di dunianya banyak melakukan perbuatan baik dan saleh maka akan mendapatkan kenikmatan yang luar biasa,namun sebaliknya orang yang didunia hanya berbuat kejahatan akan mendapatkan sisksaan yang amat pedih. Untuk lebih jelasnya bacalah buku karya Muhammad Husain Thabathabat’i dengan Penerbit Misbah,buku ini telah diterjemahkan dari buku aslinya “Risalah al-Insan Ba’da Dunya, buku seperti inilah yang sangat dibutuhkan sekarang ini untuk lebih meningkatkan iman kita agar tidak  terus di kikis oleh zaman yang semakin parah dan bobrok.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: