Hamster

Hamster adalah binatang yang bentuknya mirip dengan tikus, namun binatang ini masih satu family dengan marmut atau kelinci. Selain gampang dipelihara, perawatannyapun tidak begitu sulit…cukup diberi makan dan minum agar tetap hidup. Bentuknya yang lucu dan menggemaskan membuat binatang ini menjadi salah satu hewan piaraan yang sangat digemari pada saat ini. Berikut ada beberap hal yang harus diperhatikan jika memelihara hamster :

Kandang

Kandang hamster harus selalu diperhatikan kebersihannya, jangan sampai kandang menjadi kotor dan bau karena akan menyebabkan adanya bakteri dan timbulnya penyakit pada hamster. Hamster juga sering mandi, cara hamster mandi seperti layaknya kucing yang selalu menjilat-jilat bulunya atau bisa juga dengan mengguling-gulingkan tubuhnya di pasir, makanya penjual hamster juga biasanya menyediakan pasir khusus (biasanya pasir ini berbau wangi) agar hamster bisa mandi. Disamping itu kandang yang dipakai juga biasanya sudah lengkap dengan peralatannya seperti tempat minum, tempat makan, mainan (agar hamster tidak bosan), bahkan tempat khusus buat mandinyapun ada.

Makanan

Hamster adalah binatang pemakan biji-bijian (sayuran juga doyan, tapi jika sering diberi sayur akan menjadikan kotoran hamster menjadi bau, disamping itu sayuran akan cepat membusuk dikandang dan itu tidak baik) biasanya makanan hamster banyak dijual di toko yang khusus menjual makanan binatang dan biasanya makanan tersebut sudah diracik (campuran dari beberapa biji-bijian). Tetapi bisa juga meracik semua makanan itu sendiri, bahkan kalau memberi makan hasil racikan sendiri jadi bisa tau jenis makanan apa yang paling disukai oleh hamster itu. Selain ditoko makanan hamster, makanan juga bisa diperoleh di tempat penjual makanan burung, biji-bijian itu contohnya seperti beras hitam,ketan hitam,kacang hijau,kacang tanah,jewawut,biji gandum,dan biji sawi. Walaupun hamster suka pelet dan kwaci, namun sebaiknya jangan memberikan ke-2 jenis makanan itu setiap hari, bahkan lebih baik kalau tidak memberinya kwci dan pelet sama sekali. Kandungan lemak pada kwaci dengan kulit yang mencapai 24 samapi 35 (kwaci tanpa kulit lemaknya lebih banyak lagi) akan menyebabkan obesitas pada hamster (itu sebabnya kandang diberi mainan seperti kincir yg terus berputar, fungsinya untuk menurunkan lemak), sedangkan pelet itu dapat meningkatkan libido pada hamster dan akibatnya hamster akan menjadi galak, yang lebih buruk pelet akan menyebabkan hamster mengalami kelainan pada kehamilan untuk hamster betina, biasanya hamster betina akan sering hamil namun bayinya lebih sering mati (pada intinya pelet menjadikan masalah pada reproduksi hamster betina) .

Minuman

Satu hal yang harus diperhatikan : “Jangan membiarkan tempat minum hamster kosong “ karena akan menyebabkan hamster mati. Jika membeli hamster yang sudah dewasa biasanya hamster itu sudah terbiasa memakan makanan yang diberikan oleh penjual (lebih banyak mengandung pelet), dan pada saat kita ingin mengubah jenis makanannya akan susah bagi hamster utuk beradaptasi dengan makanan barunya, dan akibatnya hamster akan malas makan. Untuk mengatasi hal tersebut cobalah memberi sedikit rebusan temulawak pada air minumnya (temulawak ini berfungsi untuk menambah nafsu makan)atau bisa juga mencampurkan vitamin khusus hamster agar hamster lebih sehat. Jika ada perilaku dari hamster yang tidak biasa dilihat, sebaiknya ditanyakan kepada orang yang lebih tahu tentang binatang piaraan (itu jika tidak mau terjadi apa-apa pada hamster kesayangan anda) .

1 Comment »

  1. fatih Said:

    cie yang mentang-mentang dah punya hamster baru, ciki dan ciko…..ampe postingnya tentang hamster.


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: