Tips Cepat Membaca Bahasa Inggris

Batasan waktu yang diberikan pada saat tes TOEFL biasanya mengharuskan kita untuk membaca lebih cepat,tapi pada saat kita membaca dengan cepat ini biasanya kita sering mengabaikan aspek pemahaman dan kecermatan. Teks bacaan TOEFL mempunyai panjang rata-rata 250 kata dengan topik yang beragam. Ada 10 teks bacaan yang di ujikan,masing-masing bacaan diikuti oleh 6 atau 7 pertanyaan ganda. Dengan batas waktu maximal 90 menit untuk bagian ini,maka anda punya waktu sekitar 3 menit untuk menyelesaikan membaca satu teks dan tidak lebih dari 1 menit untuk menjawab petanyaannya.

Untuk menghadapi kondisi seperti ini ada beberapa tips untuk membaca satu teks secara cepat dalam waktu singkat :

  1. Usahakanlah untuk membaca keseluruhan teks dalam waktu 1,5 menit,kemudian mengulanginya lagi dalam wktu 1,5 menit berikutnya. Semakin singkat waktu yang dibutuhkan untuk membaca maka semakin baik dalam hal kecepatan. Namun satu hal yang perlu diketahui adalah ā€œ jangan mengorbankan kecermatan pemahaman demi tercapainya target waku tersebut ā€œ.

  2. Tetap seimbang,maksudnya adalah walaupun membaca cepat namun tetap tidak mengurangi secara drastis pemahaman anda dalam teks yang sedang dibaca.
  3. Lebih memperhatikan kata-kata yang berbau kata benda,kata sifat,kata kerja atau kata keterangan dibandingkan kata yang tergolong function word seperti kata sandang (a,the,an),preposisi (of,before,after, dan sejenisnya),bahkan konjungsi (and,so,but dan sejenisnya),kata-kata yang demikian ini lebih dipandang dan dibaca lebih cepat daripada kata sifat.kata benda,kerja dan kata keterangan.

  4. Ketika dalam membaca cepat mata kita tidak cukup untuk menangkap dan memahaminya,maka jangan ragu untuk melakukan regression (membaca ulang bagian teks itu dengn memperlambat tempo,sehingga arti proposisinya dapat ditangkap dengan lebih utuh).

  5. Begitu dirasa telah dapat memahaminya maka segera lanjutkan ke kalimat berikutnya dengan kecepatan membaca seperti sebelumnya,dan begitu seterusnya. Jika diumpamakan membaca cepat dengan metode ini,ibarat orang yang menyetir mobil balap di sirkuit yang berkelok-kelok.

Cobalah membaca teks dibawah ini,kata yang bergaris bawah adalah kata yang memuat bobot makna yang lebih penting. Bacalah dengan kecepatan yang berbeda : sangat cepat untuk kata yang tidak bergaris bawah dan sedikit lambat untuk kata yang bergaris bawah :

Meanwhile, research data have slowly been accumulating that suggest we might resolve the reading crisis. Several studies of children from widely varied backgrounds who learned to read easly and remained goods readers throughout their school years have revealed that they had something in common. They all had been read to regularly from early childhood and had as models adults or older children who read for pleasure.

Sumber : P. Istiarto Djiwandono, Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama

1 Comment »

  1. red Said:

    saya sering mengalami kesulitan membaca makna yang terkandung apalagi kalau di blog-blog atau majalah online. Apakah strategi ini bisa dipakai untuk membaca artikel populer


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: