Security Banking

Security Banking

Security banking atau keamanan perbankan itu sangat penting bagi bank,karena dari dulu bank sangat rawan dengan penipuan baik dari pihak dalam maupun luar bank,dan adanya beberapa kasus tentang pembobolan bank itu membuktikan bahwa perlu adanya keamanan yang sangat ketat agar para nasabah tidak terus dirugikan. Beberapa cara telah dilakukan oleh bank seperti membuat pin dengan password yang hanya diketahui oleh pemiliknya saja,jika terjadi kesalahan sebanyak 3x dalam pengetikan pin maka secara otomatis kartu akan diblokir untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,disamping itu pemilik juga harus mengurusnya ke bank untuk mengaktifkan kartunya kembali,ini dilakukan agar rekening nasabah tetap aman.

Jaman dulu orang lebih memilih untuk menyimpan uangnya dalam tabungan,atau bahkan disimpan dalam bentuk emas,ini karena harga emas yang tidak pernah turun.Dan dengan adanya keamanan yang dilakukan oleh bank,masyarakat menjadi lebih percaya untuk menyimpan uang mereka di bank,maka dari itu bank semakin meningkatkan sistem keamanannya,hal ini dilakukan karena pihak bank sadar bahwa sesuatu yang paling dibutuhkan oleh mereka adalah kepercayaan dari masyarakat,dan dari kepercayaan itulah akan terjalin hubungan kerjasama yang baik.

Namun akhir-akhir ini kasus tentang pembobolan rekening bank kembali terjadi,walaupun pihak bank telah berupaya menyelesaikannya tapi tetap saja masih ada nasabah yang melapor karena ATM-nya kebobolan,bukan cuma satu atau dua juta saja uang yang raib dari rekening namun puluhan hingga ratusan juta.Hal ini menimbulkan pertanyaan “ Apakah keamanan bank begitu mudah untuk dibobol oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab,sehingga kasus seperti ini terus terjadi berulang-ulang? ”.

Maka dari itu banyak dari masyarakat yang mulai takut untuk menyimpan uangnya di bank,jika hal ini tidak langsung di tangani dengan serius,maka pihak bank akan semakin banyak kehilangan kepercayaan dari masyarakat.Oleh karena itu untuk memulihkan kembali kepercayaan dari masyarakat, pihak bank harus memperbaiki dan meningkatkan keamanan agar kelak tidak terjadi lagi kasus-kasus yang sama. Dan kasus yang telah terjadi akhir-akhir ini harus benar-benar ditangani sampai ke akarnya sehingga bank akan tahu dimana letak kesalahan yang menyebabkan pihak bank kecolongan,dan pihak bank sepertiny harus membuat sistem keamanan baru yang lebih bagus dan canggih sehingga tidak akan mudah dibobol lagi oleh “maling kartu”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: