Tugasku

CBIS (Computer Based Information System)
CBIS atau bahasa indonesianya itu sistem informasi berbasis komputer adalah salah satu dari perkembangan informasi pada abad sekarang.Tapi sebelum kita masuk ke dalam materi yang lebih jauh,tak ada salahnya kalo kita mengingat ke masa dimana belom terdapat komputer canggih (ngomongin jaman dulu jadi brasa k’ orang jadul nie………….).
Jadi setau saya jaman dulu itu informasi masih banyak dituangkan pada sembarang tempat ada yang dibatu,daun,pohon,bahkan yang lebih unik lagi pada zaman raja2 itu biasanya ditulis pada sebuah lontar yang kemudian baru diumumin ke rakyatnya.Namun dengan berkembangya zaman,orang mulai ber-experimen yang kemudian hasilnya adalah komputer,yah…walaupun komputer yang pertama kali keluar masih sangat primitif (biasanya orang menyebutnya dengan komputer dinosaurus)itu karna ukurannya yang sangat besar sehingga masih mempersulit orang yang memakainya.
Nah… sekarang kembali ke topik awal tentang CBIS,jadi CBIS atau Sistem Informasi Berbasis Komputer merupakan suatu sistem pengolah data yang kemudian menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dipergunakan untuk suatu alat bantu suatu pengambilan keputusan.Sistem Informasi “ berbasis komputer“ mengandung arti bahwa komputer memainkan peran penting dalam sebuah sistem pembangkit informasi.
Dengan integrasi yang dimiliki antar subsistemnya,sistem informasi akan mampu menyediakan informasi yang bekualitas,tepat.cepat dan akurat sesuai dengan manajemen yang membutuhkannya.Secara teori,penerapan sebuah Sistem Informasi memang tidak harus menggunakan komputer dalam kegiatannya.Tetapi pada prakteknya tidak mungkin Sistem Informasi yang sangat kompleks itu dapat berjalan dengan baik jika tanpa adanya komputer.Sistem Informasi yang akurat dan efektif,dalam kenyataannya selalu berhubungan dengan istilah “computer-based“ atau pengolahan informasi yang berbasis pada komputer.
Suatu model sistem informasi terdiri dari :
(1) Model Dari Computer Based Information Sistem (CBIS)

Seorang manajer mengggunakan informasi untuk membuat keputusan dalam memecahkan suatu masalah.Informasi biasanya disajikan secara lisan atau tulisan oleh suatu pengolah informasi.Porsi komputer dalam pengolah informasi terdiri dari tiap aplikasi yang berbasis komputer –SIA,SIM,DSS,OA dan ES.Sistem informasi berbasis komputer ( computer – based information system ) atau CBIS digunakan untuk menggambarkan lima subsistem yang menggunakan komputer.

(2) Organisasi Jasa Informasi
Perusahaan-perusahaan yang menggunakan komputer akan menyadari pentingnya membentuk unit-unit organisasi tersendiri yang terdiri dari para spesialis yang bertanggung jawab menerapkan sistem.Para spesialis informasi (information specialist) adalah pegawai perusahaan yang sepenuh waktu bertanggung jawab mengembangkan dan memelihara sistem berbasis komputer.
Ada 5 spesialis informasi :
1. Analis sistem (sytsem analys),bekerjasama dengan pemakai mengembangkan sistem yang baru dan memperbaiki sistem yang ada sekarang.
2. Pengelola database (Database Administrator),bekerjasama dengan pemakai dan analis sistem menciptakan database yang berisi data yang diperlukan untuk menghasilkan informasi bagi pemakainya.
3. Spesialis jaringan (Network Spesialis),bekerjasama dengan analis sistem dan pemakai membentuk jaringan komunikasi data yang menyatukan berbagai sumberdaya komputer yang tersebar.
4. Programer,menggunakan dokumentasi yang disediakan oleh analis sistem untuk membuat intruksi-intruksi yang menyebabkan komputer mengubah data menjadi informasi yang diperlukan.
5. Operator,mengopersikan peralatan komputer berskala sepertmainframe dan komputer mini.

(3). Pengelolahan CBIS
Kecenderungan menuju End-User Computing
End-Usser Computing (EUC) adalah pengembangan seluruh atau sebagian sistem berbasis komputer oleh para pemakai.
End-User Computing berkembang karena :
 Meningkatnya pengetahuan tentang komputer,berbagai tingakatan manajemen,mulai tingkat bawah diisi dengan orang-orang yang menguasai komputer dengan baik.

  • Antrian jasa informasi,para spesialis informasi selau memiliki lebih banyak pekerjaan dengan yang dapat mereka tangani.Pemakai inngin mendapat layanan cepat.
  • Perangkat keras yang murah.
  • Perangat lunak jadi,menawarkan dukungan peningkatan dan kemudahan penggunaan,dan memampukan perusahaan dan individu degan sedikit atau tanpa keahlian komputer untuk menerapka sistem berbasis komputer.

Setelah mengetahui tentang CBIS,ternyata CBIS itu memang sangat bermanfaat bagi para penggunanya,khususnya bagi mereka yang tiap hari memang tidak bisa lepas dari komputer alias para pengusaha kantoran,tapi selain para pengusaha,kayaknya sekarang semua orang juga tidak bisa lepas dari yang namanya komputer, bahkan mulai dari anak SD sampai mahasiswa.Demikianlah adanya perkembangan pada masa sekarang yang memang sudah memasuki zaman mesin……
Tapi semoga dengan adanya perkembangan yang semakin maju,menjadikan generasi iIndonesia menjadi lebih baik.

Materi ini di ambil dan di kutip dari :

1 Comment

  1. fatih Said:

    kok dua kali kopi paste di…….


{ RSS feed for comments on this post}

Comments are closed.

%d bloggers like this: