Permintaan dan Penawaran dalam Ekonomi

Hukum Permintaan (demand) dan penawaran (supply) sangat berlaku pada perekonomian, karena kedua hal ini akan saling berpengaruh terhadap satu sama lain. Setiap transaksi perdagangan pasti ada permintaan ,penawaran dan kuantitas yang saling mempengaruhi.

A. Definisi Permintaan dan Penawaran

Permintaan : adalah sebuah barang yang dibeli atau diminta pada suatu harga dan waktu tertentu. Sedangkan Penawaran adalah sebuah barang yang dijual dan ditawarkan pada suatu harga tertentu.

B. Hukum Permintaan dan Penawaran

Permintaan : jumlah produk yang di minta berbanding terbalik dengan harga,maksudnya jika harga barang naik maka jumlah permintaannya akan turun dan sebaliknya. Kondisi ini bersifat ceteris paribus artinya semua factor yang mempengaruhi berlakunya hokum permintaan dianggap tetap.

Penawaran : jumlah produk yang ditawarkan berbanding lurus dengan harga, maksudnya jika harga naik maka jumlah permintaan juga akan naik dan sebaliknya.

C. Analisis Matematis Permintaan dan Penawaran

Permintaan

Analisis ini berfungsi untuk menggambar dan memperhitungkan harga dan jumlah permintaan agar lebih mudah dan matematis. Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah :

Ø Fungsi permintaan dituliskan : Qd = a-b.P

Dimana : Qd = jumlah barang yang diminta

a = konstanta

b = gradien garis

P = harga barang

Ø Rumus persamaan garis melalui dua titik

P – P1 Q – Q1

P2 – P1 Q2 – Q1

Penawaran

Ø Fungsi Penawaran dituliskan : Qs = -a + b . P

Dimana : Qs = jumlah barang yang ditawarkan

a = konstanta

b = gradient garis

P = harga barang

Ø Rumus persamaan garis melalui dua titik

P – P1 Q – Q1

P2 – P1 Q2 – Q1

D. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Permintaan dan Penawaran

Permintaan (Demand)

1. Perilaku Konsumen

Misalnya seperti sekarang ini Blackberry yang menjadi selera (kebanyakan dari konsumen suka dengan hp model blackberry),akan tetapi berapa tahun berikutnya belum tentu Blakcberry menjadi barang trend lagi.

2. Ketersediaan dan harga barang sejenis pengganti dan pelengkap

Misal jika roti tawar tidak ada atau mungkin harganya menjadi semakin mahal maka barang seperti meisis,selai dan margarine akan turun permintaannya.

3. Pendapatan atau penghasilan konsumen

Orang yang punya gaji dan tunjangan besar maka ia akan dapat membeli banyak barnag yang diinginkannya, tetapi jika pendapatannya rendah maka ia akan mengirit semua pemakaian barang agar tidak terlalu sering membelinya.

4. Perkiraan harga di masa depan

Jika ada barang yang diperkirakan akan naik harganya maka orang akan cenderung membeli dan menimbunnya pada saat harga barang itu asih rendah. Contoh : BBM.

5. Banyaknya / intensitas kebutuhan konsumen

Misal pada saat flu burung dan flu babi menjadi sorotan masyarakat, maka produk masker pelindung akan sangat laris.

Penawaran (Suply)

1. Biaya produksi dan teknologi yang digunakan

Jika biaya pembuatan/produksi sangat tinggi maka produsen akan membuat produk lebih sedikit namun dengan harga jual yan g lebih mahal, karena tidak mampu bersaing dengan barang yang sejenis dan takut produknya tidak laku terjual.

2. Tujuan perusahaan

Perusahaan yang bertujuan mencari keuntungan sebesar-besarnya (profit oriented) akan menjaual produknya dengan marjin keuntungan yang besar sehingga harga jual menjadi tinggi. Jika perusahaan ingin produknya laris dengan menguasai pasar maka perusahaan menetapkan harga yang rendah dan dengan tingkat keuntungan yang rendah sehingga harga jual akan rendah untuk menarik minat konsumen.

3. Pajak

Pajak yang naik akan menyebabkan harga jual menjadi lebih tinggi sehingga perusahaan menawarkan lebih sedikit produk akibat permintaan konsumen yang turun.

4. Ketersediaan dan harga barang pengganti / pelengkap

Jika di pasar ada produk pesaing sejenis yan harganya lebih murah maka konsumen akan beralih ke produk yang harganya lebih murah tersebut sehingga terjadi penurunan permintaan dan akhirnya penawaranpun dikurangi.

5. Prediksi / perkiraan harga di masa depan

Ketika harga jual akan naik di masa mendatang perusahaan akan memepersiapkan diri dengan memperbanyak output produksi dengan harapan bisa menawarkan atau menjual lebih banyak ketika harga naik akibat berbagai factor.

About these ads

3 Comments »

  1. eno Said:

    wahh thanks artikelnya ngbantu bgt.. soalnya besok mau persentasi bab ini… :)

  2. firmanhanafi Said:

    contohnya soalnya buat napa….?


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: